Kamis, 18 Februari 2016

Wisata Brebes

1. Kaligua

sumber gambar:potensijateng.com

 

 Kaligua adalah sebuah obyek wisata yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan yang lokasinya berada di daerah dataran tinggi yang memiliki udara yang cukup dingin. Beberapa tempat menarik yang bisa dikunjungi ditempat ini antara lain kebun teh, Telaga Ranjang, Goa Jepang, Dan Mata Air Tuk Bening. Selain itu ditempat ini juga terdapat beberapa permainan outbond yang bisa dicoba untuk menguji adrenalin.

2. Waduk Malahayu

sumber gambar: commons.wikimedia.org

 

 Waduk Malahayu terltak di Desa Malahayu, Kecamatan Banjarharjo. Waduk ini sudah dibangun sejak jaman kolonial Belanda dahulu. Selain digunakan sebagai pengendali di Kabupaten Brebes dan sekitarnya juga difungsikan sebagai tempat wisata. Waduk Malahayu dikelilingi oleh perbukitan yang ditumbuhi oleh pepohonan yang hijau.

 

3. Curug Putri

sumber gambar: www.telusurindonesia.com

 

 Curug Putri terletak di Dukuh Padanama, Desa Mandala, Kecamatan Sirampog. Ketinggian Curug Putri mencapai 35 meter. Air terjun ini juga dikenal dengan nama Curug Kembar karena ada 2 air terjun yang akan mengalir jika debit air sedang besar.

4. Pemandian Air Panas Tirta Husada

sumber gambar: tekooo.com

 

 Pemandian Air Panas Tirta Husada terletak di Desa Kedungoleng, Kecamatan Bantarkawung yang berjarak sekitar 75 km dari pusat kota. Pemandian air panas ini dikelilingi hutan pinus dan perbukitan yang hijau. Dipercaya bahwa dengan mandi di tempat ini bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan rematik.

5. Ciblon Waterboom

sumber gambar: www.panoramio.com

 

 Ciblon Waterboom adalah salah satu tempat permainan air modern yang ada di Brebes. Ciblon Waterboom terletak di Jalan Yos Sudarso, Kota Brebes. Ada berbagai jenis permainan air yang bisa dinikmati baik oleh anak-anak maupun orang dewasa seperti  kolam renang, slider yang mempunya ketinggian mencapai 12 meter, sampai dengan permainan ember tumpah.

6. Pantai Randusanga

sumber gambar: www.travelmatekamu.com

 

 Pantai Randusanga terletak di Desa Randusanga Kulon yang terletak sekitar 7 km dari jalur pantura. Di pantai ini kita bisa menikmati pemandangan yang berpasir putih dengan ombak yang tidak terlalu besar. Yang paling unik adalah saat menuju ke pantai ini kita akan disuguhi pemandangan perkebunan bawang milik penduduk yang menghampar luas.

7. Candi Pangkuan

sumber gambar: candipangkuan.blogspot.com

 

Candi Pangkuan terletak di Desa Cilibur, Kecamatan Paguyangan. Candi ini terletak ditengah hutan yang masih hijau. Selain candi tersebut ditempat ini kita bisa melihat banyak sekali gerombolan keran yang sedang bermain.

8. Desa Wisata Cisereuh

sumber gambar: brebesnews.co

 

 Desa Wisata Ciseureuh terletak di kaki Gunung Kumbang tepatnya di Padukuhan Jalwastu, Desa Ciseureuh, Kecamatan Ketanggungan. Pada setiap hari Selasa Kliwon di desa ini akan diadakan upacara adat yang biasa dikenal dengan nama Upacara Ngasa. Upacara ini diselenggarakan sebagai simbol upacara syukur kepada Tuhan atas berkat yang telah diberikan.

 

9. Waduk Penjalin

sumber gambar: alamendah.org

 

 Waduk Penjalin terletak di Desa Winduaji, Kecamatan Paguyangan. Waduk ini memiliki luas sekitar 1,25 km persegi. Waduk Penjalin dibangun pada tahun 1930 oleh Pemerintah Belanda bersamaan waktunya dengan pembangunan Waduk Malahayu. Air waduk ini digunakan untuk mensuplai irigasi di Sungai Pemali.

10. Pemandian Air Panas Cipanas Buaran

 
sumber gambar: riyosantoso.blogspot.com

Pemandian Air Panas Cipanas Buaran terletak di Desa Pengebatan, Kecamatan Bantarkawung dan berjarak sekitar 70 km dari pusat kota. Sama seperti Pemandian Air Panas Tirta Husada tempat ini juga dikelilingi oleh hutan pinus dan perbukitan yang masih hijau. Selain itu ditempat ini kita juga masih bisa menikmati udara yang sangat sejuk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar